Tuesday, May 13, 2008

Politik dan Ekonomi

Posted by Mahmal Rizka 7:53 AM, under , | No comments

Dalam sebuah negara dua hal tersebut memang tidak dapat dipisahkan mengingat di antara dua hal tersebut terdapat hubungan yang saling mempengaruhi satu sama lain. Berkembangnya ekonomi suatu negara secara otomatis akan berdampak positif bagi politik negara tersebut, begitupun jika politik suatu negara sedang kacau akan berdampak buruk bagi perekonomiannya.

Namun daripada itu seringkali terjadi dilema antara politik dan ekonomi, yang mana setiap kebijakan ekonomi yang dibuat pemerintah tidak berjalan sebagaimana mestinya karna adanya pengaruh politik yang begitu kental sehigga segala kebijakan ekonomi yang dibuat kadangkala sering tidak dapat mendukung perekonomian suatu negara.

Memang segala kebijakan ekonomi yang dilakukan pemerintah bertujuan untuk memajukan perekonomian. Namun pada saat sebuah kebijakan yang mungkin dibutuhkan perekonomian suatu negara pada waktu tersebut mendapat tantangan dari berbagai pihak dengan berbagai argumen yang kadangkala menafikan motif ekonomi dan mencuatkan masalah lain yang pada akhirnya akan mengganggu kebijakan ekonomi yang akan dikeluarkan.

Pada akhirnya pemerintah tidak dapat dengan tenang menjalankan sebuah kebijakan yang disanksikan berbagai pihak atas keampuhan kebijakan tersebut, terlepas dari baik atau buruknya kinerja pemerintahan tidak semestinya segala kebijakan pemerintah yang menyangkut perekonomian suatu negara harus selalu dihubung-hubungkan dengan politik negara tersebut.

0 comments: