Thursday, April 24, 2008

Bank Muamalat Anggarkan 10 Juta Dolar AS untuk Bentuk Anak Usaha

Posted by Mahmal Rizka 6:16 AM, under , | No comments

PT Bank Muamalat Indonesia menganggarkan dana senilai 10 juta dolar Amerika Serikat (AS) untuk mendirikan anak usaha, yang bergerak dalam bidang investasi dan pengelolaan dana investasi (fund management).

"Saat ini perseroan masih menunggu izin dari BI terkait dengan segala sesuatu mengenai aspek legalitas," kata Direktur Bank Muamalat, Andi Buchari Fathoeddin, di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, dana 10 juta dolar AS bersumber dari dana internal perseroan, setelah perseroan menerbitkan sukuk sebesar Rp400 miliar. Namun dia pun belum dapat menyebutkan nama anak usaha yang akan dibentuk.

"Kita sudah mengajukan beberapa nama, nanti kita lihat bagaimana keputusan BI. Namun, diharapkan anak usaha itu paling lambat akhir tahun ini sudah terbentuk," katanya.

Andi mengatakan anak usaha ini diperlukan sebagai antisipasi atas semakin membesarnya dana-dana dari Timur Tengah.

Selain itu, seiring dengan sudah disahkannya Undang-Undang Surat Berharga Syariah Negara (UU SBSN) dapat saja anak usaha Bank Muamalat menjadi penjamin emisi (underwriter) bagi sukuk pemerintah.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Bank Muamalat, A. Riawan Amin, mengatakan bahwa target laba tahun 2008 naik 30 persen menjadi Rp 272 miliar, sedangkan target pembiayaan kredit Rp 13 triliun.

"Sekitar 80 persen pembiayaan kredit untuk pembiayaan UMKM," katanya menambahkan. (Antara)

dari: vibiznews.com

0 comments: